Sukses

Kali Sunter Meluap, Warga Cipinang Melayu Bersiap Sambut Banjir

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Rabu (12/3/2014) dini hari, membuat sejumlah kali meluap.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Rabu (12/3/2014) dini hari, membuat sejumlah kali meluap. Salah satunya Kali Sunter yang ketinggian airnya saat ini mencapai bibir dinding kali.

"Kalau sekarang memang belum sampai banjir, tapi ketinggian air sudah rata dengan dinding pembatas," kata Ketua RW 3 Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Muchtar Usman, Rabu (12/3/2014).

Muchtar menjelaskan, sejak banjir besar melanda wilayahnya Januari lalu, warga yang rumahnya selalu jadi langganan banjir belum membereskan perabot rumah mereka. Perabotan itu masih diletakan di tempat yang lebih tinggi.

"Kalau barang-barang, warga dari Januari kemarin memang belum nurunin barang. Masih pada di atas kursi, di atas meja. Pokoknya di tempat yang lebih tinggi," lanjutnya.

Warga melakukan itu karena banjir tahun ini tidak bisa diprediksi. Banjir datang hampir setiap hujan deras melanda. "Daripada capek naik turunin, mendingan ditaruh di atas dulu saja," tandas Muchtar.

Kawasan Cipinang Melayu memang jadi salah satu langganan banjir. Lokasi pemukiman warga yang berbatasan langsung dengan Kali Sunter itu membuat luapan air selalu mengalir ke rumah-rumah warga.

Kehadiran Kanal Banjir Timur juga belum dirasa maksimal mengurangi banjir di lokasi itu. Sebab, Kali Sunter kini hanya sedalam 1 meter dengan lebar 4 meter. Wajar jika banjir setinggi 1,5 meter melanda pemukiman itu. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Hujan Deras, 18 Jalan di Jakarta Banjir

Hujan dan Banjir, Lalu Lintas Jakarta Padat

Diguyur Hujan, Katulampa dan Seluruh Bendungan di Jakarta Siaga IV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini