Sukses

Jalan-jalan ke Museum Balanga Kalimantan Tengah

Status Museum Balanga tadinya adalah museum daerah, dan keberadaannya di kota Palangkaraya sudah ada sejak 1973 silam.

Citizen6, Kalimantan Tengah Museum Balanga, adalah museum milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Museum yang beralamat di Jalan Cilik Riwut Km 2,5 Palangkaraya ini, lokasinya terletak di tepi jalan protokol dan mudah untuk didatangi oleh pengunjung.

Status Museum Balanga tadinya adalah museum daerah, dan keberadaannya di kota Palangkaraya sudah ada sejak 1973 silam. Seiring dengan berjalannya waktu, pada 1990 status Museum Balanga ditingkatkan menjadi museum provinsi.

Jika kita menengok ke bagian dalam museum ini, ruang pamer Museum Balanga disetting menjadi dua lantai dengan penerangan yang cukup baik. Pengunjung yang datang pun akan merasa nyaman, karena ruangan museum tersebut cukup luas serta berpendingin udara.

Museum ini juga memiliki ribuan koleksi benda budaya dan benda sejarah, seperti koleksi Ethnografi, Historika, Arkeologi, Kramologi, Numistika, Heraldika, Biologika, dan Geologika

Benda koleksi tersebut berjejer rapi memanjang dan melingkar, serta beberapa di antaranya diletakkan pada rak kaca tertutup untuk menghindari kerusakan dan mencegah kontak langsung dengan pengunjung yang berkeinginan untuk memegang. (mar)

Penulis
Sofyan Effendi
Kalimantan Tengah, mahakaxxx@gmail.com

Baca juga:
Liburan Akhir Pekan: Gedung 'Louvre' Jakarta
Rumah Kain Tradisional Indonesia di Museum Tekstil
`Museum di Tengah Kebun` Koleksi 4000 Benda Seni


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini