Sukses

Tak Biasanya, Jokowi Lantik Walikota Dalam Gedung

Anas Effendi, mantan Walikota Jaksel yang sebelumnya dipecat karena dianggap memiliki kinerja buruk, kini dilantik menjadi Walikota Jakbar.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melantik mantan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Anas Effendi sebagai Walikota Jakarta Barat, Selasa (11/3/2014). Berbeda dari biasanya, bila pelantikan pejabat walikota atau Bupati lainnya dilakukan di ruang terbuka, kali ini Jokowi melantik Anas di dalam kantor Walikota Jakarta Barat.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 08.45 WIB beserta istrinya Iriana Jokowi. Mantan Walikota Solo itu disambut lantunan shalawat dengan iringan musik marawis, yang dimainkan belasan anak-anak. Tak lama menyaksikan alunan marawis, ia menuju ke lantai 2, ruang MH Thamrin, gedung Walikota Jakarta Barat guna melantik Anas.

‎Ini pengangkatan Anas kedua kalinya sebagai walikota. Sebelumnya, ia sempat dicopot dari walikota Jakarta Selatan lantaran dianggap memiliki kinerja yang kurang baik. Politisi PDIP itu bahkan pernah menganggap Anas tak mampu mengikuti irama kerjanya yang cepat.

Namun setelah satu tahun berlalu, Jokowi akhirnya berubah pikiran. Anas dianggap sudah mampu mengikuti ritme kerjanya. "Emang dia salah apa? Siapa yang bilang dia tidak memuaskan? Siapa? Ya kalau dulu ndak bisa ikut irama, sekarang dia sudah bisa ikuti irama, gimana? Pokoknya itu ada pertimbangannya, ndak perlu saya sebut," kata Jokowi.

14 Februari 2013 lalu, Anas dicopot dari jabatannya sebagai walikota Jakarta Selatan dan didapuk sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI, karena ditinggal pensiun oleh pejabat sebelumnya.

Anas kembali membuat sensasi, saat sidang Paripurna DPRD DKI yang digelar 13 Maret 2013 lalu, Anas tertangkap basah sedang tidur pulas sepanjang penyampaian pidato Jokowi. Anas mengaku mengantuk karena semalaman suntuk menonton pertandingan sepakbola di televisi.

"Saya ngantuk sekali memang, habis nonton sepakbola, Barcelona melawan AC Milan pas tengah malamnya," kilah Anas.‎ (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Anas Kandidat Walikota? Jokowi: Ya Ndak Tahu, Tanya ke BKD

Bongkar Pasang Jabatan, Ahok: Kalau Bagus... Jokowi Balikin Lagi

Anas Effendi Jadi Walikota Lagi, Apa Alasan Jokowi?

Anas Diusulkan Jadi Walikota Jakarta Barat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.