Sukses

5 Kapal Perang TNI AL Cari Malaysia Airlines di Pulau Penang

Pencarian TNI Angkatan Laut sudah berlangsung sejak Minggu 9 Maret 2014 sekitar pukul 17.00 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - 5 Kapal perang TNI Angkatan Laut dikerahkan untuk mencari pesawat Malaysia Airlines yang hilang sejak Sabtu 8 Maret 2014 lalu. 1 Pesawat intai maritim juga dikerahkan.

"TNI AL mengikuti prosedur yang telah ditunjuk oleh AL Malaysia, TNI AL mendapat sektor pencarian di Selat Malaka di wilayah Pulau Penang bersama Angkatan Laut Malaysia," kata Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Marsetio di Pangkalan TNI AL Armada Timur (Armatim), Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/3/2014).

5 Kapal perang RI yang dikerahkan yakni KRI Sutanto, KRI Metapura, KRI Kait, KRI Siribua, KRI Staiper dan 1 pesawat intai Maritim. Pencarian telah dilakukan sejak Minggu 9 Maret 2014 sekitar pukul 17.00 WIB.

Pesawat intai sudah diberangkatkan untuk melakukan pencarian. Sedang KRI Sutanto dan 4 kapal patroli lainnya diperkirakan sudah tiba di Selat Malaka.

Marsetio menambahkan, pencarian ini merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan negara-negara ASEAN. Setiap terjadi bencana akan dilakukan pencarian maupun perbaikan secara bersama.

"Memang setiap bencana dimanapun, tidak ada satu negarapun yang dapat menyelesaikan sendiri. Maka dari itu TNI AL memutuskan untuk mengirim 5 kapal perang dan 1 pesawat intai maritim untuk membantu melakukn pencarian pesawat Malaysia Airline yang hilang," terang Marsetio. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini