Sukses

Riwayat Malaysia Airlines MH370: 12 Tahun, 20 Ribu Jam Terbang

Pihak Malaysia Airlines (MAS) membantah klaim bahwa pesawat yang hilang kehabisan bahan bakar.

Liputan6.com, Hong Kong - Pencarian besar-besaran masih dilakukan terhadap pesawat  Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines yang hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing, China. Terutama untuk memastikan nasib 239 orang -- 227 penumpang dan 12 awak pesawat -- yang ada di dalamnya.

Seperti dikabarkan situs South China Morning Post, Sabtu (8/3/2014), pesawat yang hilang telah mengarungi angkasa selama lebih dari 20.000 jam, di 12 tahun usianya. Para ahli penerbangan menyebutnya normal.

Pesawat jenis itu punya reputasi paling aman, dengan catatan nyaris bersih, hingga terjadi insiden maskapai Korea Selatan, Asiana Airlines di San Francisco, Amerika Serikat Juli 2013 lalu -- yang menewaskan 3 warga negara China. Sebelumnya, Boeing 777 belum pernah mengalami kecelakaan fatal dalam 19 sejarahnya.

"Boeing 777 - 200ER milik Malaysia Airlines telah memiliki 20.243 jam terbang sebelum insiden hari ini," demikian disampaikan juru bicara maskapai.

Terkait itu, beberapa pilot di Hong Kong, masing-masing dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, mengatakan bahwa jumlah jam terbang untuk Boeing 777 berusia 12 tahun adalah " normal".

"Boeing 777 adalah pesawat teraman di langit saat ini," kata salah satu pilot dengan pengalaman lebih dari dua dekade. "Ini adalah pesawat yang sangat aman dan terpercaya".

Menurut CAPA Centre for Aviation, rata-rata pesawat Boeing 777-200ER milih Malaysia Airlines adalah 14,3 tahun.

Bahan Bakar Habis?

Sebelumnya, Malaysia Airlines (MAS) membantah klaim bahwa pesawat yang hilang kehabisan bahan bakar .

CEO MAS Datuk Ahmad Jauhari Yahya mengatakan, MH370 memiliki cukup bahan bakar untuk terbang sampai pukul 08.30 -- 2 jam lebih lama dari jadwal pendaratan pukul 06.30.

"Kami tahu bahwa bahan bakar pesawat itu bisa bertahan sampai pukul 08.30 itu sebabnya kita harus menunggu dan menyelidiki mengapa ia tidak mendarat di Beijing sesuai jadwal sebelum melaporkan kejadian tersebut," kata dia dalam konferensi pers di Hotel Sama-Sama, Sepang, menjawab tentang mengapa pihak MAS tak cepat-cepat mengumumkan hilangnya pesawat

Baca juga:

Petinggi AL Vietnam: Pesawat Malaysia Airlines Jatuh ke Laut

Ada 12 WNI di Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang

Misteri Keberadaan Pesawat Malaysia Airlines, Hilang di Langit Vietnam?

Pesawat Malaysia Airlines Menuju Beijing Hilang Kontak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.