Sukses

Kepala BIN: Terorisme Ada, Tapi Bisa Kami Kendalikan

Kendati aksi terorisme terus terjadi, kerja sama yang baik di antara aparat penegak hukum membuat ancaman teror itu bisa dikendalikan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan pelaku terorisme semakin banyak menciptakan teror di Indonesia. Namun, dengan kerja sama yang baik di antara aparat penegak hukum, ancaman teror itu bisa dikendalikan.

"Mereka ada, tetapi tetap dalam batas kemampuan kami untuk mengendalikannya," tegas Kepala BIN Marciano Norman di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/3/2014).

Marciano mengemukakan, ancaman itu sebenarnya makin besar dengan mendekatnya pelaksanaan Pemilu 2014. Pada situasi seperti saat ini, lanjutnya, para teroris berusaha mengintimidasi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu nanti.

"Mereka (terorisme) masih tersebar di mana-mana, tetapi arahnya menekan masyarakat," ujar Marciano.

Marciano menegaskan, aparat penegak hukum harus mengantisipasi agar rakyat bisa memilih wakil dan pemimpinnya sesuai dengan keinginan mereka.

"Kita harus mengatasinya, kita harus mengambil langkah-langkah untuk meyakinkan rakyat bahwa kita bisa memberikan suara dan memilih sesuai dengan keinginan," katanya.

Menurut mantan Komandan Paspampres ini, intimidasi apapan bentuknya tetap harus ditekan serendah mungkin, dan dengan segala upaya harus ditiadakan. Ia menyebutkan pergerakan teroris tersebar di mana-mana dan arahnya menekan masyarakat agar mereka ragu dalam menentukan pilihan.

"Kepolisian harus mengambil langkah-langkah dengan seluruh aparat keamanan lainnya," tandas Marciano. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini