Sukses

UTY Gelar `Kelas Integritas` Bagi Siswa SDN Banombo

Kelas Integritas yaitu pendidikan yang disampaikan melalui film kartun dan lagu yang berjudul "Sahabat Pemberani".

Citizen6, Jakarta Dua siswi menyanyikan Lagu "Sahabat Pemberani", dan diikuti oleh seluruh siswa SDN Banombo di Kelas Integritas.

Kelas Intregitas merupakan salah satu rangkaian acara #KerjaBakti "Bersama, kita keluarga" yang diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) Student Development Program, Forum Mahasiswa Bidikmisi UTY, dan Kelompok Peduli Sesama.

Bertempat di Dusun Banombo, Kelurahan Pucanganom, Kabupaten Gunungkidul, Minggu 3 Maret 2014 kemarin, kegiatan berbasis pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana berkat dukungan banyak pihak. Mulai dari UTY, KPK, Media Partner hingga warga Dusun Banombo.

Kelas ini bermaksud untuk menanamkan karakter anak Indonesia yang berintegritas. Mengapa anak-anak? Karena di masa inilah karakter dasar seseorang terbentuk. Dimana kecenderungan untuk meniru dan kemampuan mengamati sesuatu di aplikasikan.

Seperti yang telah diungkapkan Ira, Staff Direktorat KPK ketika berkunjung ke UTY, pada Rabu 13 Februari 2014 lalu. Ia mengatakan karakter bangsa ini bergantung pada karakter generasi penerus. Budaya korupsi tidak akan terbentuk dalam jiwa yang berintegritas. Untuk itu integritas harus ditanamkan semenjak dalam usia pendidikan.
 
Membentuk integritas seorang anak tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk mengajari anak kita harus memasuki dunia mereka, dunia bermain, dunia yang menyenangkan. Hal ini terwujud dalam Kelas Integritas ini, yaitu pendidikan disampaikan melalui film kartun dan lagu yang berjudul "Sahabat Pemberani", yang merupakam sumbangan KPK untuk anak Indonesia.

Anak-anak ini begitu antusias menyimak film hingga usai, bahkan beberapa anak menolak ajakan pulang ibunya. Semoga pelajaran yang dicerna bersama keriangan tertanam di benak sahabat pemberani kita, anak-anak Dusun Banombo. (Mar)

Penulis
M Reza Firmansyah
Bantul, reza_ech@yahoo.com

Baca juga:
Komunitas AMPI, Belajar Sejarah di Museum
`Bogor Kreatif` Komunitas Ajak Anak Putus Sekolah Berkarya
SMP Tunas Bangsa Belajar Jurnalistik di Liputan6.com

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.