Sukses

Ledakan Gudang Amunisi karena Sistem Penyimpanan Buruk?

Puluhan orang teluka dalam peristiwa ledakan gudang amunisi TNI AL di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Puluhan orang teluka dalam peristiwa ledakan gudang amunisi TNI AL di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sejumlah dugaan mencuat terkait penyebab ledakan ini, salah satunya tidak baiknya kondisi aliran udara di gudang itu.

"Bisa jadi dan mungkin sistem penyimpanan yang kurang baik, atau sirkulasi udara," kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul di RS Mintohardjo, Jakarta, Rabu (5/4/2014).

Namun, dirinya enggan menduga-duga soal dentuman besar yang terdengar sejauh 3 kilometer saat gudang berisi amunisi dan senjata itu meledak.

"Yang namanya petasan saja kalau meledak kita bisa mendengarnya sampai 1 meter, apalagi amunisi."

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Sementara, getaran keras terasa hingga radius 1 kilometer. Hingga saat ini, setidaknya 53 orang terluka akibat ledakan ini.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul memastikan seluruh korban berasal dari anggota TNI AL. Tidak ada warga sipil yang mengalami luka-luka akibat ledakan gudang amunisi itu. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

Mabes TNI: Ledakan Gudang Amunisi Kopaska Bukan Sabotase

Semua Amunisi di Gudang TNI AL Habis Tak Tersisa

Siswa Polair Tunggang-Langgang Saat Gudang TNI AL Meledak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini