Sukses

Rumah Kain Tradisional Indonesia di Museum Tekstil

Indonesia memang kaya akan kesenian dan kerajinan salah satunya dalam bidang textil. Foto: Museum Textil Facebook

Citizen6, Jakarta Indonesia kaya akan kesenian dan kerajinan. Dalam bidang tekstil, Sumatera menghasilkan sarung tenun emas dan perak terbaik sebagai songket. Batik Indonesia juga secara resmi telah diakui oleh UNESCO dengan dimasukkannya ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak benda Warisan Manusia pada 2 Oktober 2009 lalu.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari warisan budaya nasional Indonesia terutama kain tradisional cobalah berkunjung ke Museum Tekstil. Museum yang berlokasi di Gedung tua, Jalan KS Tubun, Petamburan No 4 Tanah Abang, Jakarta Barat ini awalnya adalah rumah pribadi seorang warga negara perancis yang dibangun pada abad ke-19.

Museum Tekstil merupakan lembaga pendidikan kebudayaan yang memiliki misi untuk melestarikan tekstil tradisional, sebagai seni budaya, sebagai institusi nirlaba yang akan melestarikan alam dan budaya, serta menjadi tempat rekreasi yang edukatif kultural. Pengunjung yang datang juga bisa melihat berbagai macam kain di tanah air.

Total koleksi kain di museum ini sekitar 1.800 buah kain, tetapi yang dipamerkan hanya 100 kain. Koleksi kain yang di pamerkan di museum ini berganti setiap tiga bulan sekali sesuai dengan momen atau hari besar nasional.

Museum ini sering dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan seminar, workshop atau diskusi mengenai tekstil. Banyak juga pelajar dari sekolah-sekolah di luar kota Jakarta yang menjadikan museum ini untuk study tour.

Selain itu, pengunjung juga mendapatkan fasilitas pelatihan untuk membatik, melukis di kain sutra, jumputan, dan aktivitas lain yang berkaitan dengan tekstil. Pengelola juga menyediakan mentor yang memberi arahan caranya mencetak, menggambar di kain, menggunakan canting, hingga tahap pewarnaan.

Beraneka ragam kain tradisional Nusantara yang disediakan oleh pengelola berupa cinderamata bisa menjadi buah tangan untuk keluarga maupun teman-teman Anda. (Yule)

Penulis:

Yulia Yulee

Baca Juga:

`Museum di Tengah Kebun` Koleksi 4000 Benda Seni

Ke Solo, Mampirlah ke Museum Batik Kuno Danar Hadi

Liburan Alternatif Akhir Pekan: Ke Museum Layang-layang

Disclaimer:


Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini