Sukses

Kenangan Manis Dubes AS untuk Jepang tentang Indonesia

Yusron Ihza Mahendra dan Dubes AS untuk Jepang, Caroline Kennedy, bercengkerama akrab dalam acara Japan Food Expo 2014.

Citizen6, Jakarta Dubes RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra dan Dubes AS untuk Jepang, Caroline Kennedy, bercengkerama akrab dalam acara Japan Food Expo 2014 (Foodex Japan 2014) di Makuhari Messe (20 kilometer dari Tokyo), pada Selasa 4 Februari 2014 kemarin.

Kedua dubes berada di tempat ini untuk melakukan pengguntingan pita yang menandai dibukanya Japan Food Expo 2014 yang diikuti oleh 82 negara peserta, termasuk Indonesia.

Di sela-sela acara ini, Dubes Yusron dan Dubes Kennedy sempat berbincang-bincang. Tanpa diduga-duga, Dubes Kennedy mengatakan Indonesia merupakan negara yang selalu berada dalam ingatannya. Khususnya, karena dia memiliki sebuah kenangan manis di negeri ini.

"Indonesia selalu ada dalam ingatan saya. Karena saya pernah berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian bulan madu," ujar Kennedy.

"Pada masa itu, saya juga berkunjung ke Borobudur," lanjut Dubes AS yang kehadirannya di Jepang mendapat perhatian kalangan media dari manca negara ini.

"Oh, terima kasih sekali karena Anda telah memilih Indonesia (Yogyakarta) untuk penggalan penting dalam sejarah perjalanan hidup Anda," ujar Dubes Yusron dalam perbincangan akrab, sebagaimana disebutkan dalam rilis KBRI Tokyo yang dikirim ke media massa hari ini.

"Semasa hidupnya, mendiang Ayah Anda, Presiden John F Kennedy amat dekat dengan Bung Karno, mendiang Presiden kami," ujar Dubes Yusron melanjutkan. Dubes Kennedy pun menjawab dengan yakin bahwa dia tahu peristiwa tersebut.

"Saat masih kecil, ibu saya sering bercerita tentang Bung Karno dan Indonesia kepada saya. Mungkin ini yang membuat saya memutuskan ke Indonesia puluhan tahun silam itu serta ingin menyaksikan Borobudur," jelasnya.

Dubes RI dan Dubes AS berada di Makuhari bersama sejumlah dubes negara lain dalam Expo tahunan bergengsi yang diikuti oleh 2700 peserta pameran (exhibitor). Beberapa produk makanan dan minuman Indonesia seperti madu, cokelat, teh, kopi, makanan beku, olahan hasil laut, serta minyak sawit dari 28 perusahaan tampak terpampang di Pavilion Indonesia.

Dubes Yusron menilai, Foodex Jepang 2014 merupakan ajang penting bagi promosi makanan dan produk pangan Indonesia.

"Kita harus tampil ke pentas dunia, termasuk melalui makanan atau kuliner kita," ujar sang Dubes. (Mar)

Penulis
Saud Ringo
Tokyo, saud.rixxx@kbritokyo.jp

Baca juga:
Dubes RI Jepang Bahas Kesejahteraan 2 Negara dengan Ketua Keidanren
Keidanren Harapkan Proyek MPA di RI Segera Terwujud
Pengusaha Jepang di RI Keluhkan Prosedur Pabean dan Upah Buruh

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini