Sukses

Kemenag Tambah Tenaga Medis untuk Musim Haji 2014

Perekrutan tenaga medis itu akan diseleksi oleh pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama memastikan menambah tenaga medis baik dokter maupun asisten dokter dalam musim Haji 2014. Terkait penambahan tenaga medis tersebut, Kementerian Agama akan merekrut tenaga medis yang dapat mobile setiap harinya mengunjungi para jemaah haji yang tersebar di beberapa pemondokan.

"Kita khusus penambahan tenaga medis itu memang yang mobile, yang menjemput bola. Artinya membawa obat dan mengecek langsung ke setiap jemaah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimanyu di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (4/3/2014).

Untuk penambahan tenaga medis tersebut, tambah Anggito, dilakukan seleksi yang ketat oleh pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan pihaknya.

"Kita pastikan seleksinya benar-benar ketat oleh Kemenkes, dilihat pengalaman dan rekam jejaknya. Dia punya niat untuk mengabdi atau tidak. Ya itu di antaranya ya," ujarnya.

Anggito menjelaskan, pemerintah Indonesia mempunya 3 Rumah sakit Haji di Arab Saudi, yakni di Mekah, Jeddah dan Madinah. Untuk tenaga medis yang ditambah, Dirjen PHU Kementerian Agama telah berkoordinasi dengan 3 rumah sakit tersebut.

"Nah penambahan tenaga medis itu untuk di luar rumah sakit, seperti di posko pengobatan di Arafah, Madinah tapi yang memang mendatangi dan mengecek langsung ke pemondokan jemaah kita. Jumlahnya kita belum pastikan, tapi pasti ditambah," tandas Anggito. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini