Sukses

Indonesia Desak PBB Segera Tuntaskan Krisis Ukraina

Menlu Marty Natalegawa turut prihatin atas situasi negara Ukraina yang masih memanas.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa turut prihatin atas situasi negara Ukraina yang masih memanas. Terlebih setelah tergulingnya Presiden Viktor Yanukovych, konflik melebar atas pengiriman tentara oleh Rusia.

Atas hal itu, Marty meminta PBB, termasuk negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB -- Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, dan China, untuk segera menuntaskan krisis politik di Ukraina.

"Menyerukan kepada Dewan Keamanan PBB, termasuk negara-negara anggota tetap DK PBB, agar memikul tanggung jawabnya sesuai piagam PBB dalam memelihara perdamaian dan keamanan internasional menyangkut krisis di Ukraina, termasuk kemungkinan melalui pengiriman utusan khusus Sekjen PBB ke kawasan terkait," demikian pernyataan tertulis Marty kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Dia menegaskan, posisi Indonesia terhadap krisis Ukraina sama dengan konflik di negara lain, yakni netral dan menjunjung tinggi pengormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah sebagai prinsip dasar hubungan antar-negara.

"Indonesia mendorong semua pihak yang terkait untuk menahan diri, mengelola krisis (crisis management) dan mengutamakan penyelesaian damai situasi di Ukraina dan senantiasa menghormati hukum internasional," sebut Marty.

Ukraina dililit krisis politik sejak Yanukovych menolak perjanjian dagang dengan Uni Eropa dan memilih hubungan yang lebih erat dengan pemerintah Rusia.

Aksi protes diwarnai bentrok dengan aparat keamanan pun bergulir hingga menewaskan 77 orang. 22 Demonstran di antaranya tewas ditembak sniper.

Kondisi semakin memanas sejak Presiden Viktor Yanukovich dipecat parlemen. Rusia mengklaim pihaknya diminta Yanukovich untuk mengirimkan tentara ke Crimea, wilayah yang disebut-sebut ingin melepaskan diri dari Ukraina. Hingga saat ini, tentara Rusia masih bercokol di Crimea. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Ukraina Memanas, 11 WNI Direlokasi dari Kiev

Kirim Tentara ke Ukraina, Putin Niat Bentuk `Reinkarnasi` Uni Soviet?

`Kirim Tentara ke Ukraina, Putin Seperti Hitler`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini