Sukses

Hujan Guyur Bogor, Status Bendungan Katulampa Naik Jadi Siaga III

Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung diperkirakan sebanyak 246 ribu liter per detik.

Liputan6.com, Jakarta Debit air Sungai Ciliwung terus beranjak naik. Begitu pun dengan ketinggian air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat yang kini berstatus Siaga III.

Sejak pukul 22.30 WIB, volume air di Bendungan Katulampa menyentuh ketinggian 140 cm. Setidaknya ini adalah kenaikan volume air yang ketiga sejak petang tadi.

"Jam 5 sore masih 50 cm, kemudian naik menjadi 80 cm pada pukul 9 malam ," jelas Kepala Bendungan Katulampa, Andi Sudirman kepada Liputan6.com di Bogor, Jabar, Senin (3/3/14).

Andi menuturkan, volume air kemudian kembali meningkat sekitar pukul 22.30 WIB tadi. Ini dikarenakan curah hujan di kawasan Puncak yang cukup tinggi. Maka status bendungan yang semula Siaga IV kini menjadi Siaga III.

Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung diperkirakan sebanyak 246 ribu liter per detik. "Kami terus berkoorinasi dengan Pemprov Jakarta, juga dengan warga yang tinggal di bantaran sungai agar mereka selalu tetap waspada."

Hingga pukul 00.30 WIB, ketinggian air sudah mulai turun di angka 100 cm. Sedangkan hujan intensitas ringan masih mengguyur wilayah Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini