Sukses

[VIDEO] Kabut Asap Riau, Satgas Buru Pembakar Hutan

Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Riau menemukan indikasi keterlibatan sejumlah perusahaan pemilik lahan konsesi dalam kebakaran hutan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran hutan masih terjadi di kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Bukit Batu, Riau. Asap terlihat masih membubung di sejumlah titik meski kawasan ini mulai terbakar sejak 2 pekan terakhir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (1/3/2014), tenda-tenda terlihat di beberapa lokasi. Ini mengindikasikan kehadiran para perambah liar.

Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan Riau yang dipimpin Brigadir Jenderal TNI Bambang Irianto mengunjungi lokasi dan memerintahkan menangkap pihak yang terlibat melakukan pembalakan liar, menyerobot lahan atau melakukan pembakaran.

Dari hasil tinjauan ke lapangan, kuat dugaan keterlibatan sejumlah pihak perusahaan dan pemilik lahan konsesi dalam pembakaran lahan.

Sejauh ini, jumlah titik api masih terus berfluktuasi. Satelit Terra dan Aqua mencatat titik api di Provinsi Riau, masih berkisar 300 titik. Bencana kabut asap itu mengakibatkan sekitar 25 ribu warga Riau terpapar infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA). (Shinta Sinaga)

Baca juga:

[VIDEO] Kabut Asap Selimuti Kota Padang, Penerbangan Terganggu

Kebakaran Riau, Antara Faktor Alam dan Manusia

Kabut Asap, 12 Penerbangan Bandara SSK II Pekanbaru Tertunda

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini