Sukses

Bus Wisata Menuju Pantai Pattaya Thailand Celaka, 15 Orang Tewas

Bus pariwisata yang seharusnya menuju ke lokasi untuk bersenang-senang itu justru membawa mereka ke peristirahatan terakhir.

Liputan6.com, Nadi Kecelakaan kembali menelan korban jiwa di Negeri Gajah Putih. Sebuah bus yang ditumpangi oleh puluhan murid perempuan dan para gurunya menabrak truk dalam perjalanan menuju satu daerah wisata di Thailand.

Kecelakaan itu terjadi pada Jumat dini hari di Distrik Nadi, Provinsi Prachinburi. Bus ini bermaksud mengantar murid-murid perempuan yang berusia 10-14 tahun dari provinsi tetangga, Nakhon Ratchisma, ke pantai di kota wisata Pattaya.

Namun, bus pariwisata yang seharusnya menuju ke lokasi untuk bersenang-senang itu justru membawa mereka ke peristirahatan terakhir. Rem bus itu blong saat menuruni bukit sehingga kehilangan kendali dan menabrak sebuah truk.

"Saat bus melaju kencang menuruni bukit, para siswi tidak dapat berbuat apa-apa kecuali saling berpegangan sebelum tabrakan terjadi," kata Letnan Polisi Kittikarn Klomlee menurut pengakuan korban selamat, seperti yang dimuat laman CNN, Jumat (28/2/2014).

Hingga saat ini, dipastikan 15 orang tewas seketika dalam kecelakaan tersebut--10 siswi, 2 guru perempuan, 2 anak guru, dan seorang pria pasangan guru. Sementara korban luka sedikitnya ada 60 orang.

Pihak kepolisian belum dapat memastikan jumlah korban karena mereka dikirim ke rumah sakit yang berbeda di area tersebut. Namun begitu mereka mengatakan korban luka yang selamat berada dalam kondisi kritis.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan bulan ini oleh Transportation Research Institute of the University of Michigan, Thailand memiliki tingkat kematian akibat kecelakaan lalul intas yang tertinggi kedua di dunia, setelah Namibia. Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa 44 dari 100.000 orang di Negeri Gajah Putih itu meninggal karena kecelakaan.

Sebelumnya, maut juga terjadi di wilayah timur laut Thailand. Setidaknya 29 orang tewas dan 4 lainnya terluka parah saat bus terjun ke jurang di Distrik  Lom Sak, Provinsi Phetchabun. Saat bus menempuh rute ke provinsi utara Chiang rai. (Risca Yunita)

Baca juga:

Bus Terjun ke Jurang Sedalam 30 Meter di Thailand, 29 Tewas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.