Sukses

Perlunya Self Management dalam Mencapai Kesuksesan

Action Speaks Louder Than Word, kutipan terkenal dari Mark Twain, disadur oleh pengurus KMP Fakultas Biologi UGM.

Citizen6, Yogyakarta Action Speaks Louder Than Word, kutipan terkenal dari Mark Twain, disadur oleh pengurus Keluarga  Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Fakultas Biologi Universitas  Gadjah Mada (UGM) sebagai tema kegiatan Up Grading Pengurus KMP Biologi yang dilaksanakan dini hari, Kamis (27/02) di ruang  Sidang Atas Fakultas Biologi UGM. Kegiatan up grading yang dihadiri oleh 32 peserta ini, dibuka oleh Dr. Diah Rachmawati, M.Si. selaku  Ketua Program Studi Pascasarjana  Biologi UGM.

Dalam sambutannya beliau berharap agar matriks program KMP dapat menjadi kegiatan yang nyata dan bermanfaat. Berkenaan dengan materi yang akan diberikan dalam up grading Pengurus KMP hari ini, beliau mengatakan, “Self management adalah materi yang baik dan harus dicermati. Ingat bahwa kegiatan organisasi bukan yang utama dan jangan sampai menghambat studi, tapi jadikan kegiatan organisasi sebagai penunjang kegiatan perkuliahan”.  

“KMP Biologi sedang membangun kekompakan internal”, ujar Tri Suwandi, ketua KMP 2013-2014 dalam sambutannya. “Upaya menanamkan Self Empowerement, produktivitas dan distribusi nilai-nilai kebaikan dalam KMP diharapkan dapat menjadi titik tolak dari kegiatan Upgrading ini”, sambungnya.

Materi pertama dalam up grading kali ini,  yaitu Self Management, disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., kemudian dilanjut dengan pelatihan pembuatan press release oleh Satria Adi Nugraha, S.S. dari Humas UGM  dan sebagai penutup diberikan materi Problem Solving oleh Bambang Suwignyo, Ph.D. dari Fakultas Peternakan UGM.

 “Self management sejatinya merupakan kemampuan untuk memanfaatkan waktu kita dengan baik, karena memanajemen waktu kita dengan baik akan membawa kita ke arah kesuksesan”, ujar Dr. Budi.

“Setiap manusia di seluruh muka bumi ini mempunyai waktu yang sama. 24 jam dalam sehari. Jadi aturlah pemanfaatan waktu tersebut dengan baik”, sambungnya.

Di sele-sela penyampaian materinya, Satria A.N mengungkapkan pentingnya publikasi dari setiap kegiatan atau hasil penelitian yang kita miliki. “Percuma saja jika kita punya kegiatan besar atau penelitian yang bagus, tapi hanya kita sendiri yang tahu maka di sanalah publikasi diperlukan”, ungkapnya.

Praktik pembuatan press release yang dilakukan selanjutnya oleh peserta up grading diharapkan dapat memberikan keterampilan bagi pengurus KMP untuk dapat mempublikasikan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk rilis yang menarik.  

Pak Bambang pun memberikan banyak motivasi-motivasi dalam memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi.  “Tidak seorang pun berhak mencap Anda sebagai seorang yang aggal kecuali diri Anda sendiri”, ungkapnya.

Keseluruhan materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi bekal bagi pengurus untuk terus mengembangkan diri dalam berorganisasi.


Penulis:

Dewi Retnaningati

Baca Juga:

Banjar Kembangkan Sulam Sugul

SD Islam Darul Falah Peduli Korban Kelud

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan “Pekerjaan Impian“. Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini