Sukses

Jokowi-Ahok Blusukan Bareng, Pengamat: Ada 2 Kemungkinan

Jokowi-Ahok blusukan bareng.Tentu saja hal itu unik, lantaran pelaku blusukan biasanya hanya Jokowi seorang. Ini kata pengamat:

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joki Widodo alias Jokowi blusukan bareng Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Kamis 27 Februari 2014. Tentu saja hal itu unik, lantaran pelaku blusukan biasanya hanya Jokowi seorang.

Aksi duet blusukan orang nomor 1 dan 2 di DKI itu pun menggelitik pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya untuk buka suara. Ia pun mengungkapkan gurauan terkait duet blusukan yang dilakukan Gubernur dan Wakilnya ini.

"Emangnya kenapa?" tanya Yunarto Wijaya saat Liputan6.com menghubunginya, Kamis (27/2/2014) malam.

Namun, Yunarto membeberkan 2 hipotesanya terkait blusukan Jokowi-Ahok ini. Hipotesa pertama terkait dengan politik, dan kedua yaitu terkait dengan manajerial.

"Hipotesanya ada dua. Satu, tidak bisa dipungkiri mungkin saja bisa dispekulasikan Ahok mulai diadaptasikan dengan kinerja Jokowi yang sering blusukan itu," ujarnya.

Jokowi memang merupakan sosok yang saat ini sedang disorot masyarakat. Hal ini dikarenakan PDIP kabarnya akan mengajukan Jokowi sebagai Calon Presiden di Pemilu 2014 mendatang.

Lanjut Yunarto, ini juga mungkin saja berupa sinyal Ahok sedang dikenalkan dengan pola kerja Jokowi. "Namun spekulasi ini, masih terlalu mentah yah," ujar Yunarto.

Hipotesa yang kedua, lanjut Yunarto, terkait manajerial. "Bus Transjakarta yang bermasalah, kemudian normalisasi kali yang belum selesai, perbedaan pendapat masalah monorel," kata Yunarto.

Ia menambahkan, mungkin saja Ahok yang biasa di belakang meja akan beralih ke blusukan. Sebaliknya, Jokowi yang suka blusukan juga akan ke belakang meja, bergantian," tandas Yunarto. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Pengamat: Ahok Ikut Blusukan Sinyal Gantikan Jokowi Bikin Heboh

Jokowi `Mengader` Ahok

Blusukan Bareng Jokowi, Ahok: Kami Duet Capres dan Cawapres

Kesan Ahok Setelah Blusukan Bareng Jokowi: Lapar!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok