Sukses

Kebakaran Lahan di Riau Hampir Hanguskan Puluhan Rumah

Kebakaran terjadi di Pekanbaru, Riau. Api membakar pohon dari hutan tak bertuan dan hampir menjalar kerumah warga. Beruntung bisa dipadamkan

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Pesisir Gang Rumbio Ujung, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau. Api merembes ke pemukiman dan hampir melalap puluhan rumah. Beruntung, petugas pemadam kebakaran dari PT Chevron cepat melakukan tindakan.

Keterangan saksi Edi, api pertama kali muncul sekitar pukul 14.00 WIB di sekitar rumahnya. Ia bersama warga sekitar sempat melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Karena tiupan angin dan lokasi tanah gambut, api tidak bisa dipadamkan dan mendekati rumah warga.

"Hampir saja puluhan rumah disini terbakar. Karena api tadi besar membakar pohon hingga ketinggian mencapai sekitar lima meter. Lahan itu tidak tahu punya siapa karena tidak diurus sehingga ditumbuhi semak belukar," kata Edi, di Pekanbaru, Riau, Kamis (27/2/2014).

Edi menjelaskan, kejadian api mendekati perumahan bukanlah kali pertamanya terjadi. Dalam sepekan terakhir, bahkan sudah dua kali terjadi. "Kali ini kejadian yang paling besar dan membakar satu kandang kambing milik warga. Rumah, kalau tidak ada pemadam kebakaran mungkin akan terbakar juga," ujar Edi.

Hal senada juga disampaikan Muslim. Ia sempat panik karena rumahnya hanya berjarak sekitar lima meter dari lokasi kebakaran lahan. "Saya sempat mengungsikan anggota keluarga, karena rumah tertutup asap tebal," imbuhnya.

"Tadi asapnya tebal, rumah saya sampai tidak nampak. Karena takut terjadi apa-apa, keluarga saya suruh untuk mengungsi. Sempat juga terfikir mau mengeluarkan barang-barang dari rumah karena takut terbakar, tapi untung pemadam cepat datang," kata Muslim.

Menurut keterangan Muslim, usai kebakaran akan ada beberapa hewan liar masuk sekitar perumahan dan memangsa hewan ternak warga. "Itu biasanya nanti setelah kebakaran ini, pasti ada hewan yang ke pemukiman dan memangsa ternak," ujar Muslim.

Atas kejadian tersebut, Muslim dan Edi berharap pihak berwajib segera melakukan penyelidikan dan menangkap serta memperingatkan pemilik lahan.

Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Irwan Harahap dilokasi kejadian mengatakan, lokasi lahan yang terbakar sekitar empat hektare. Pemilik lahan serta siapa yang membakarnya, masih diselidiki.

"Pelaku pembakarnya masih kita selidiki. Anggota di lapangan juga masih terus mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi terkait peristiwa tersebut. Apinya tadi memang cukup besar, jika tidak cepat dipadamkan bisa membakar rumah warga," pungkas Irwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.