Sukses

Bahas Sejumlah Kerja Sama, SBY Bertemu Raja Yordania

Presiden SBY bertemu Raja Abdullah II membahas sejumlah bentuk kerja sama. Antara lain di bidang petrokimia, tenaga kerja dan pertahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan Raja Yordania Abdullah II di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/2/2014) siang. Dalam pertemuan tersebut, agenda yang dibicarakan antara lain hubungan kedua negara serta perkembangan masalah yang terjadi di Timur Tengah belakangan ini.

Terkait hubungan bilateral, kedua kepala negara dalam pertemuan di Ruang Jepara Istana Merdeka juga membahas kerja sama investasi di bidang petrokimia.

"Kita mencatat bahwa sudah dijalin beberapa kesepakatan investasi antara Indonesia dan Yordania di bidang petrokimia. Ini menunjukkan faktor jarak sebenarnya tidak menjadi suatu kendala bagi Indonesia dan Yordania dalam membangun kerja sama," ujar Staf Presiden Bidang Luar Negeri, Teuku Faizasyah saat ditemui di Istana Merdeka.

Pada kesempatan tersebut, Raja Abdullah II juga menyatakan komitmen Yordania untuk memberikan perhatian khusus bagi setiap permasalahan yang dihadapi tenaga kerja indonesia (TKI) di negaranya.

"Memang digarisbawahi adanya keperluan untuk keterukuran, baik pihak pengirim di Indonesia dan juga sponsor mereka di Yordania. Tapi secara prinsip Raja Yordania menggarisbawahi komitmen pribadinya terhadap masalah yang akan diberi atensi secara khusus," kata Faizasyah.

Hal-hal lain yang juga disinggung dalam pembicaraan kerja sama yang bisa dikembangkan antara lain di bidang pendidikan dan kerja sama di bidang pertahanan.

"Ada terdapat peluang meningkatkan kerja sama pertahanan dalam artian transfer teknologi dan pengembangan kerja sama lainnya. Disepakati tadi selanjutnya akan ada delegasi yang datang menyampaikan konsep bidang kerja sama apa yang dapat dikembangkan kedua negara," pungkas Faizasyah. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini