Sukses

Mahathir: Pak Harto Pemimpin dan Negarawan Hebat

Sejumlah pemimpin dunia menyatakan duka cita mendalam terhadap wafatnya mantan presiden kedua Indonesia HM Soeharto. Almarhum berjasa memperbaiki hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Duka cita mendalam dirasakan pemimpin dunia terhadap wafatnya mantan Presiden Soeharto. Salah satunya dirasakan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi. Dia menganggap Pak Harto telah berjasa memperbaiki hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia yang sempat memburuk di masa pemerintahan mantan Presiden Sukarno. "Kami menghargai pulihnya hubungan baik Indonesia dengan Malaysia yang dilakukan Pak Harto," kata Badawi, Senin (28/1).

Jasa Pak Harto mengakhiri konfrontasi dengan Malaysia juga turut disuarakan mantan PM Malaysia Mahathir Mohammad. Dia mengatakan Pak Harto seorang pemimpin dan negarawan hebat. "Soeharto berjasa mengakhiri konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia," tutur Mahathir.

Sedangkan menurut Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, Pak Harto adalah tokoh yang amat berpengaruh bagi organisasi ASEAN. Terlebih dalam masa pemerintahan Pak Harto, Indonesia berperan penting dalam ASEAN. Pihaknya berterima kasih kepada Pak Harto yang telah berusaha membangun kebijakan kerjasama regional melalui ASEAN untuk membangun kepercayaan dan kerjasama antara negara tetangga. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-Moon juga berpendapat sama. "Pemerintahan Soeharto adalah masa yang penting dalam sejarah negara Indonesia," kata dia.

Di Manila, Filipina, duta besar dari Kamboja dan Pakistan memberikan penghormatan kepada mendiang Pak Harto dengan mengisi buku duka. Duta besar Pakistan untuk Filipina Muhammad Naeem Khan menyatakan sangat bersedih mendengar telah berpulangnya seorang pemimpin besar Indonesia.(IAN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini