Sukses

Lion Air Tak Lagi Gunakan MD 90

Lion Air mulai Mei 2009 akan menghentikan penggunaan pesawat MD 82 dan MD 90 yang sudah digunakan sejak 2003 lalu. Saat ini, Lion Air masih menggunakan lima pesawat jenis MD 90.

Liputan6.com, Jakarta: Setelah sejumlah kecelakaan yang menimpa pesawat Lion Air, mulai dari pendaratan tanpa roda sampai tergelincir di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Menteri Perhubungan Jusman Syafi'i Djamal meminta Lion Air tidak lagi menggunakan pesawat MD 90 buatan MC Donnel Douglas. Demikian dikatakan Menhub di Jakarta, Selasa (10/3).

Menanggapi permintaan itu, Edward Sirait mengatakan, pihaknya secara bertahap bakal menghentikan penggunaan pesawat MD90 dan MD82 mulai Mei mendatang. "Akan kami lakukan secara bertahap. Kita memang sudah merencanakan mulai Mei pesawat dinonaktifkan terbang dan hanya sebagai pesawat cadangan," kata Direktur Umum Lion Air itu. Saat ini, Lion Air masih menggunakan lima unit pesawat jenis MD90 yang melayani berbaga rute penerbangan.

Sementara itu, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab tergelincirnya pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Sementara Edward Sirait, menduga cuaca buruk menyebabkan pesawat tergelincir. Dia membantah kondisi pesawat tak laik jalan [baca: Pesawat Lion Air Dievakuasi ke Apron Bandara].(BOG/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini