Sukses

Sekjen PBB Kunjungi Korban Badai Nargis

Sekjen PBB Ban Ki Moon menjadi pemimpin asing pertama yang diizinkan pemerintah junta militer Myanmar mengunjungi lokasi bencana. Ban mendesak pemerintah junta militer mengizinkan bantuan asing termasuk para relawan untuk masuk.

Liputan6.com, Yangon: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki Moon menyatakan sangat prihatin dengan kehancuran yang terjadi pascahantaman badai nargis di delta Sungai Irawady, Myanmar. Ban berharap kedatangannya bisa membawa harapan baru bagi para korban serta melunakkan sikap keras pemerintah junta militer supaya mau menerima bantuan asing.

Ban menjadi pemimpin asing pertama yang diizinkan pemerintah junta militer mengunjungi lokasi bencana. Dalam kunjungannya, Ban didampingi sejumlah petinggi pemerintah. Ban mendesak junta militer mengizinkan bantuan asing termasuk para relawan untuk masuk. Sejauh ini junta militer hanya mengizinkan bantuan dan relawan dari negara anggota ASEAN.

Sebelumnya, pemimpin junta Than Shein melaporkan pada Ban bahwa proses pemulihan bencana telah usai dan saat ini pemerintah mulai berkonsentrasi untuk proses rekonstruksi. Sementara hingga kemarin korban tewas telah mencapai 78 ribu orang. Esok, pemerintah junta berencana melakukan proses referendum rancangan konstitusi baru di daerah-daerah yang terkena bencana.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.