Sukses

Kurang Gizi, Seorang Balita Dirawat

Seorang bocah di Trenggalek dirawat intensif karena menderita radang di usus dan jantung akibat kurang gizi. Tangan dan kakinya mengecil serta kulitnya mengeriput.


Liputan6.com, Trenggalek: Seorang anak di Trenggalek, Jawa Timur, mengalami gizi buruk hingga menderita radang di usus dan jantung. Akibatnya, Desi Fitriani (2,5 tahun) dirawat di ruang gawat darurat Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedomo, Trenggalek. Kondisi bocah ini sangat memprihatinkan.

Berat badan Desi hanya tujuh kilogram, padahal berat normal anak seusianya rata-rata 13 kilogram. Akibat gizi buruk, tangan dan kakinya mengecil serta kulitnya mengeriput. Selain gizi buruk, Desi juga mengalami infeksi saluran pencernaan dan peradangan. Buruknya kondisi kesehatan Desi tidak terlepas dari penghasilan orang tuanya yang bekerja sebagai tukang becak sehingga tidak bisa memberikan asupan bergizi.

Data dari Dinas Kesehatan Trenggalek menyebutkan, selain Desi saat ini terdapat 221 balita lainnya yang mengalami gizi buruk dan satu di antaranya meninggal dunia. Tahun lalu penderita gizi buruk di Trenggalek mencapai 500 balita.(ADO/Danang Sumirat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini