Sukses

Batako Got Ramah Lingkungan

Warga Kedaung memanfaatkan sampah yang kerap menyumbat got menjadi bahan bangunan, seperti batako dan conblok. Bahkan air got sisa saringannya bisa dijadikan pupuk cair yang berguna bagi tanaman.

Liputan6.com, Jakarta: Salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya saluran got. Namun bagi warga Kampung Pesing Poblar, Kelurahan Kedaung, Cengkareng, Jakarta Barat, masalah itu justru dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat. Seperti yang dilakukan Samsudin bersama warga lainnya. Mereka mengolah sampah got menjadi bahan bangunan, seperti batako dan conblok.

Sebenarnya, untuk mengelola limbah ini tidaklah sulit. Pertama, lumpur got disaring untuk mendapatkan material pasir. Proses ini dilakukan dengan dua kali penyaringan. Lalu, untuk menghilangkan bau got yang menyengat, Syamsuddin dan warga menggunakan molase atau sari tebu dan cairan kimia. Sekadar catatan, molase bisa diganti cairan gula merah.

Selanjutnya, setelah dikeringkan, pasir got lantas dicampur dengan semen dan dicetak. Hingga akhirnya, jadilah bahan bangunan siap jual dengan harga Rp 1.000 hingga Rp 1.200 per buah. Tak hanya itu, air got sisa saringan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair untuk tanaman.(REN/Julianus Kriswantoro)

Samsudin - 081387225074
Kampung Pesing Poblar, RT 001/05, Kelurahan Kedaung
Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini