Sukses

Bermula dari Sepeda, Berakhir jadi Pesawat

Ide dasar pembuatan pesawat berawal dari pengamatan Wright bersaudara tentang keseimbangan tubuh saat mengendarai sepeda dan cara kerja layang-layang. Pesawat pertama diterbangkan selama 12 detik dengan ketinggian 37 meter.

Liputan6.com, Dayton: Mungkin tak banyak yang tahu kalau pembuatan pesawat udara pertama di dunia yang dilakukan Wright bersaudara bermula dari sebuah bengkel sepeda. Kemampuan dua bersaudara tersebut membuat sepeda melahirkan inspirasi menciptakan pesawat terbang.

Ide dasar pembuatan pesawat memang berawal dari pengamatan mereka akan keseimbangan tubuh saat mengendarai sepeda juga cara kerja layang-layang. Wilbur dan Orville Wright mengukir sejarah dunia pada 1903. Penerbangan pertama dengan pesawat bermesin yang mereka beri nama Wright Flyers atau sekarang populer Kitty Hawk.

Wright bersaudara menerbangkan pesawat di Negara Bagian Carolina Utara selama 12 detik dengan ketinggian 37 meter di atas permukaan tanah. Kini prestasi Wright bersaudara diabadikan di museum ini. Patung replika mereka menyambut pengunjung di pintu masuk museum Wright Brothers Aviation Center di Ohio, Amerika Serikat

Kini Wright bersaudara telah mengubah wajah dunia. Manusia bisa dengan mudah bepergian dengan menggunakan pesawat udara. Semua ini ramuan dari imajinasi, keahlian khusus, dan tentunya keberanian untuk mencoba sesuatu yang berbeda.(JUM/Dwie Guntoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.