Sukses

Jacob Zuma Dibebaskan

Mantan Wakil Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dinyatakan bebas dalam kasus perkosaan terhadap aktivis AIDS November tahun silam. Tuduhan itu hanya upaya politis untuk menjatuhkan Zuma pada Pemilu 2009.

Liputan6.com, Johannesburg: Ratusan pendukung setia mantan Wakil Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma memadati jalan-jalan di Kota Johannesburg, Selasa (9/5). Mereka tengah merayakan putusan hakim yang membebaskan Zuma dalam kasus perkosaan terhadap aktivis AIDS dan keluarganya November tahun silam.

Para pendukung Zuma meyakini tuduhan pemerkosaan adalah upaya politis untuk menjatuhkan nama baiknya. Zuma menjadi kandidat utama menggantikan Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki pada Pemilihan Umum 2009 mendatang.

Zuma dipecat dari jabatannya pertengahan tahun silam dengan tuduhan telah melakukan korupsi. Namun, sampai saat ini tudingan itu tidak pernah terbukti [baca: Wakil Presiden Afrika Selatan Dipecat].(IAN/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.