Sukses

Patung Ganesha Tertinggi Berdiri di Buleleng

Patung Dewa Ganesha di Desa Kalibukbuk, Lovina, Buleleng, Bali, akan menjadi salah satu obyek wisata spiritual setempat. MURI mencatat patung tertinggi di Asteng ini dan menelan biaya Rp 2 miliar.

Liputan6.com, Buleleng: Sebuah monumen patung Dewa Ganesha diresmikan di Desa Kalibukbuk, Lovina, Buleleng, Bali, belum lama ini. Patung yang akan menjadi salah satu obyek wisata spiritual di Pulau Dewata diklaim yang terbesar dan tertinggi di Asia Tenggara dengan tinggi 18,5 meter. Arya Wedakarna, ketua panitia peresmian patung, mengatakan patung tersebut menghabiskan biaya Rp 2 miliar.

Pantauan SCTV, Upacara Melaspas untuk mensucikan patung secara Hindu dipimpin seorang pendeta dari Parisada Hindu Dharma Indonesia. Selain dihadiri masyarakat Buleleng, prosesi ikut dihadiri perwakilan umat Hindu dari beberapa negara.

Penyucian dilakukan dengan membersihkan sebuah patung perak Dewa Ganesha yang melambangkan monumen dengan minyak dari susu sapi. Patung perak selanjutnya diarak mengelilingi monumen tiga kali sebelum akhirnya ditempatkan di salah satu ruangan yang ada dalam monumen.

Patung dari semen dan pasir hitam berdiri di atas lahan 1.100 meter persegi. Pembangunan patung terlaksana berkat partisipasi umat Hindu seluruh dunia. Proses pengerjaan memakan waktu enam bulan. Patung ini juga masuk rekor Museum Rekor Indonesia. Di kalangan umat Hindu, Dewa Ganesha identik dengan dewa kaum muda dan ilmu pengetahuan.(MAK/Putu Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.