Sukses

Banjir di Lombok Timur Akibat Pembalakan Liar

Bupati Ali Dahlan menduga banjir di Sambelia, NTB, akibat pembalakan liar. Ini terbukti dari ditemukannya ribuan meter kubik kayu di lokasi bencana yang membuat ratusan keluarga mengungsi.

Liputan6.com, Lombok Timur: Bupati Lombok Timur Ali Dahlan mengakui pembalakan liar menjadi penyebab banjir bandang di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusatenggara Barat. Ini terbukti dengan penemuan ribuan meter kubik kayu yang diduga hasil penebangan liar dari lereng bukit Pasiran di sekitar Taman Nasional Gunung Rinjani. "Sangat serius soal penggundulan hutan," kata Ali di Lombok Timur, Sabtu (20/1).

Ali menjelaskan, akibat penebangan liar, lereng bukit tak bisa menahan air sehingga langsung masuk Sungai Pasiran dan Sungai Menanga Rea. Akibatnya, kedua sungai ini meluap dan menimbulkan banjir bandang. Sedikitnya 200 rumah di empat desa Kecamatan Sambelia, rusak dan hanyut dalam bencana ini. Dua warga juga dilaporkan hilang dan sekitar 500 kepala keluarga mengungsi.

Hingga kemarin petang, regu penyelamat masih mencari kedua warga yang dinyatakan hilang. Mereka bekerja keras di bawah guyuran hujan yang masih turun dan ribuan meter kubik kayu gelondongan. Transportasi di daerah bencana juga terganggu akibat rusaknya tiga jembatan sehingga Jalur Lintas Timur yang menghubungkan Lombok Timur dan Lombok Barat terputus [baca: Ribuan Warga di Bondowoso Terancam Terisolasi].(YAN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini