Sukses

Pesawat Supersonik Terbaru Buatan NASA

Pesawat Supersonik Hyper X-43 A milik NASA akan menembus 10 kali kecepatan suara. Kecepatan pesawat tersebut dianggap tercepat di dunia saat ini.

Liputan6.com, Virginia: Badan Penerbangan dan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA) mempublikasikan Pesawat terbang Hyper X-43 A di Virginia, AS, Rabu (18/4) siang. Pesawat masa depan itu disebut-sebut memiliki kecepatan maksimum 11.500 kilometer per jam. NASA bahkan mengklaim kecepatan pesawat supersonik itu melebihi 10 kali kecepatan suara.

Pimpinan Proyek Vince Rausch mengatakan, Hyper X-43 A memiliki kecepatan tertinggi di dunia saat ini. Hal itu diutarakannya sembari menayangkan animasi pesawat ramping bersayap unik tersebut. Menurut dia, burung besi itu direncanakan terbang perdana tanpa awak dengan kecepatan maksimumnya selama sepuluh detik pada Mei mendatang. Setelah menempuh jarak minimal 320 kilometer, Hyper X-43 A secara otomatis akan jatuh ke lautan Pasifik.

Sebelumnya, NASA pernah memproduksi pesawat terbang supersonik lain, yakni Mach One. Pesawat itu terbukti mampu terbang dengan berbagai variasi ketinggian. Namun, Mach One hanya bisa dipacu hingga kecepatan 1.200 kilometer per jam di atas permukaan laut.(ANS/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.