Sukses

Crouching Tiger Hidden Dragon Meraih Empat Oscar

Keberhasilan film Crouching Tiger Hidden Dragon memboyong Piala Oscar dalam empat kategori, membanggakan perfilman Asia. Namun, pembajakan film tersebut malah marak.

Liputan6.com, Los Angeles: Kendati kalah bersaing dengan Gladiator untuk kategori film terbaik, prestasi Crouching Tiger Hidden Dragon arahan sutradara Ang Lee, menyedot banyak perhatian. Selain meraih Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik, film produksi Negeri Tirai Bambu tersebut memboyong tiga penghargaan lainnya, yaitu Best Original Score (skor asli terbaik), Best Cinematography, (teknik pengambilan gambar terbaik) dan Best Art Direction atau pengaturan seni terbaik. Pemberian penghargaan Piala Oscar 2001 itu berlangsung di Shrine Auditorium Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (25/3) malam waktu setempat.

Wajah Chow Yun Fat, tokoh harimau dan naga dalam film tersebut tampak sumringah. Ia menerima ucapan selamat dari setiap orang. Demikian juga Michelle Yeoh, aktris yang dikenal mendampingi Pierce Brosnan dalam salah satu film James Bond. Sementara itu, Ang Lee, sang sutradara menyatakan, film garapannya itu adalah sumber semangat untuk berkiprah lebih baik dan bersaing dengan film-film produksi Amerika Serikat. Sementara, Gladiator, yang menjadi film terbaik menyabet penghargaan untuk Best Actor, Best Picture, Costume Design, Best Sound, dan Best Visual Effect.

Kendati begitu, kabar buruk juga menimpa film epik Cina yang mencetak box office di Amerika Utara itu. Soalnya, pembajakan film tersebut dalam bentuk video compact disk marak terjadi. Di Republik Rakyat Cina, asal cerita film tersebut, para peminat tak sabar menunggu pemasaran film itu. Sedangkan, pecinta film Indonesia sudah bisa memiliki VCD asli dengan harga Rp 60 ribu saja. Paket yang terdiri dari tiga keping VCD itu berisi kisah di balik pembuatan fim dan cerita epik tersebut lengkap dengan teks berbahasa Indonesia.(ANS/Ipd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.