Sukses

Koleksi Andy Warhol Dipamerkan

Sebanyak 4.000 benda seperti surat pribadi, foto, dan kliping surat kabar yang dikumpulkan Warhol dipajang dalam pameran di Melbourne, Australia. Banyak pihak yang menyebut benda-benda itu sebagai sampah.

Liputan6.com, Melbourne: Sebuah pameran tentang kehidupan seniman pop Amerika Serikat Andy Warhol dibuka di Galeri Nasional Victoria, Melbourne, Australia, baru-baru ini. Sebanyak 4.000 benda seperti surat-surat pribadi, foto, dan kliping surat kabar yang dikumpulkan Warhol setiap hari dipajang dalam pameran ini.

Warhol mengumpulkan 600 kardus berisi catatan pribadi dan kliping surat kabar pada eranya serta tagihan restoran yang tidak dibayar sejak 1974 hingga kematiannya pada 1987. Warhol sadar bahwa suatu hari nanti koleksinya akan diperlihatkan untuk umum. Ia kemudian menyebut koleksi itu kapsul waktu. Dari 15 kapsul waktu yang dibuka, terpilih 4.000 benda untuk ditampilkan. Angka itu adalah sebuah rekor bagi pameran temporer di Galeri Nasional Victoria.

Banyak pihak yang menganggap benda-benda itu sebagai sampah, sehingga tak layak dipamerkan. Tapi ada pula yang menilai pameran ini sebagai jendela untuk lebih mengenal sosok sang legenda. Ada sisi lain dari Warhol yang baru terkuak. Ia gemar mengumpulkan foto dirinya bersama para pesohor seperti Mick Jagger.

Warhol juga suka mengumpulkan sepatu aktor idolanya, seperti bintang film klasik Gone with Wind, Clark Gable. Bukan hanya itu. Ia rajin menyambangi pasar loak untuk mencari buku anak-anak dari era 1930-an. Ini lantaran pada masa kecil ia tidak memiliki satu pun buku bacaan karena keluarganya tidak mampu. Satu yang belum terjawab dalam pameran ini dari mana Warhol mendapatkan inspirasi untuk melahirkan sebuah genre seni pop nan orisinal dan jauh melebihi masanya.(AWD/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini