Sukses

Warga Padati Lokasi Kirab

Ribuan warga memadati jalan antara Keraton Yogyakarta hingga kawasan Jalan Malioboro, untuk menyaksikan Kirab Temanten. Kirab temanten tidak selalu terjadi dalam setiap hajatan pernikahan putri Sultan Hamengkubuwono X.

Liputan6.com, Yogyakarta: Hajatan Keraton Yogyakarta yang menikahkan putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendoro, dan Kanjeng Pangeran Haryo Yudonegoro, menjadi perhatian warga Yogyakarta, Selasa (18/10). Ribuan warga memadati jalan antara Keraton Yogyakarta hingga kawasan Jalan Malioboro, untuk menyaksikan Kirab Temanten [baca: Kirab Temanten, Ulang Sejarah HB VII].

Tak hanya warga lokal, sejumlah pelancong mancanegara juga tampak ikut berdesakan demi menyaksikan acara itu. Di antaranya, Beth Palkovic asal Amerika Serikat.

Demi menghindari kemacetan, arus lalu lintas menuju lokasi kirab dialihkan. Selain arus jalan menuju Malioboro, ruas Jalan Senopati menuju perempatan Kantor Pos Besar
Yogyakarta dan alun-alun utara Yogyakarta pun ditutup.

Kirab Temanten dengan kereta kencana tidak selalu terjadi dalam setiap hajatan pernikahan putri Sultan Hamengkubuwono X. Dari empat putri yang menikah, hanya GKR Pembayun atau putri pertama yang menggunakan prosesi kirab. Saat itu, kirab hanya mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.