Sukses

Penjor Hiasi Kawasan Malioboro

Menjelang acara puncak pernikahan putri Keraton Yogyakarta, penjor atau umbul-umbul dari janur mulai menghiasi kawasan Malioboro. Penjor dibuat buatan warga Yogyakarta secara sukarela.

Liputan6.com, Yogyakarta: Penjor mulai menghiasi kawasan Malioboro, Yogyakarta, Senin (17/10). Ratusan penjor rencananya dipasang di kawasan Malioboro mulai dari perempatan Pos Besar hingga Kompleks Kepatihan tempat digelarnya acara resepsi pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendoro dengan KPH Yudonegoro.

Penjor merupakan hiasan umbul-umbul yang dibuat dari bahan janur dan digunakan khusus untuk hajatan pernikahan dalam tradisi Jawa. Selama dua hari, puluhan warga yang terbiasa membuat penjor berkumpul di pendopo kepatihan Yogyakarta untuk membuat hiasan pernikahan ini.

Menariknya, penjor-penjor ini dibuat secara swadaya dan sukarela oleh warga Yogyakarta yang ingin berpartisipasi menyemarakan pernikahan putri Sultan. Ini sebagai wujud kecintaan dan kesetian rakyat Yogyakarta kepada keraton yang selama ini dinilai telah memberi pengayoman kepada seluruh masyarakat di Yogyakarta.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini