Sukses

Saling Berebut Abadikan Prosesi Siraman Pangeran

Ada yang lucu saat Kanjeng Pangeran Harya Yudanegara (Achmad Ubaidillah) melakukan prosesi siraman di Bangsal Kasatriyan, lingkungan Keraton Yogyakarta. Sosok calon pengantin pria yang gagah menarik perhatian sejumlah wartawati untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Liputan6.com, Yogyakarta: Ada yang lucu saat Kanjeng Pangeran Harya Yudanegara (Achmad Ubaidillah) melakukan prosesi siraman di Bangsal Kasatriyan, lingkungan Keraton Yogyakarta. Sejumlah wartawati langsung mengabdikan sosok calon pengantin pria yang terlihat gagah dalam sebuah bidikan kamera.

Dengan menggunakan telepon seluler (ponsel) masing-masing, puluhan wartawati ini membidikkan jepretan kamera ponsel mereka ke layar kaca TV Pool di ruang media centre. Jepret-jepret!

Seperti siraman GKR Bendara, prosesi KPH Yudanegara juga berlangsung tertutup, Senin (17/10). Jurnalis tak boleh meliput sampai ke Bangsal Kasatriyan. Dalam proses ini, calon pengantin pria hanya mengenakan kain putih dan bawahan cokelat.
 
Gusti Kanjeng Ratu Hemas mendapat kesempatan pertama melakukan proses siraman. Lalu diikuti anggota keluarga lain dan mereka yang dituakan.  Di tengah proses siraman, GPH Yudanegara membersihkan diri layaknya orang yang tengah berwuduh sebelum salat.
 
Upacara siraman mengandung arti membersihkan diri. Harapannya, calon pengantin dalam keadaan bersih dan suci saat menjalani pernikahan.(ULF/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini