Sukses

<i>Panggih Manten</i>, Saat Para Mempelai Bertemu

Jelang acara pernikahan putri Sri Sultan Hamengkubuwono X, pihak Kraton Yogyakarta sudah menggelar gladi bersih, salah satunya untuk acara panggih manten yang langsung dihadiri Sri Sultan, Ahad (16/10).

Liputan6.com, Yogyakarta: Jelang acara pernikahan putri Sri Sultan Hamengkubuwono X, pihak Kraton Yogyakarta sudah menggelar gladi bersih, salah satunya untuk acara panggih manten yang langsung dihadiri Sri Sultan, Ahad (16/10). 

Panggih manten merupakan satu dari rangkaian tradisi penting, saat kedua mempelai dipertemukan usai melaksanakan ijab qabul. Acara ini nantinya akan menampilkan sejumlah ritual seperti pondongan. Di sini mempelai pria bersama wakil keluarga mempelai putri akan memondong atau mengangkat mempelai wanita pertanda secara adat mempelai wanita resmi jadi milik suami.

Persiapan prosesi acara pernikahan yang rencananya akan dihadiri presiden dan sejumlah tamu penting lain hampir rampung seluruhnya. Misalnya, dekorasi pengantin dari janur atau yang dikenal dengan nama bajegan. Setidaknya ada 40 bajegan yang telah dibuat sepuluh pengrajin.

Bajegan dibuat sedemikian rupa seperti kubah masjid sebagai pesan untuk kedua mempelai agar senantiasa beribadah kepada yang Maha Kuasa. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini