Sukses

Angkringan Gratis untuk Rakyat Yogya

Pernikahan akbar putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X tak hanya akan menjadi acara istimewa bagi keluarga keraton. Warga Yogyakarta pun akan ikut berpesta.

Liputan6.com, Yogyakarta: Pernikahan akbar putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X tak hanya akan menjadi acara istimewa bagi keluarga keraton. Warga Yogyakarta akan ikut berpesta dengan digelarnya sebanyak 200 angkringan gratis di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Hal ini disampaikan petugas unit pelayanan Malioboro, agar seluruh rakyat Yogyakarta turut berpartisipasi dalam acara pernikahan sang putri sultan, Gusti Raden Ajeng Nurastuti Wijareni. Warga pun akan kerja bakti membersihkan kawasan Maliboro yang akan digunakan untuk acara kirab di hari sakral sang putri, Ahad besok.

Gusti Raden Ajeng Nurastuti Wijareni yang berganti gelar menjadi Gusti Kanjeng Ratu Bendoro akan dipersunting Achmad Ubaidillah yang kini bergelar Kanjeng Pangeran Haryo Yudhanegara, 18 Oktober nanti.

Sejumlah persiapan juga sudah terlihat di kawasan keraton. Tenda dan kursi disusun rapi di kawasan Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta, tempat digelarnya upacara Panggih Temanten.

Acara sakral akan dibuka barisan prajurit Wirobrojo mengawali iring-iringan kereta pengantin keluar dari Keben Keraton menuju Pendopo Kepatihan. Sebanyak lima buah kereta, nantinya dinaiki pasangan pengantin dan keluarga.

Jalur kirab pasangan pengantin pada 18 Oktober nanti, akan dimulai dari Keben melewati alun-alun Utara. Rombongan lalu menuju perempatan pos besar, kemudian ke Utara menyusuri Malioboro. Iring-iringan ini akan berakhir di Pendopo Kepatihan.(APY/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini