Sukses

Perundingan RI-GAM Mencapai Kemajuan

Hari kedua perundingan putaran ketiga antara pemerintah Indonesia dan GAM di Helsinki, Finlandia membahas proses pemilihan kepala daerah di provinsi NAD. GAM mengaku perundingan kali ini sudah mengalami kemajuan.

Liputan6.com, Helsinki: Perundingan putaran ketiga antara delegasi Gerakan Aceh Merdeka dan pemerintah Indonesia di Helsinki, Finlandia, memasuki hari kedua, Kamis (14/4). Agenda perundingan hari ini mengenai proses pemilihan kepala daerah di Nanggroe Aceh Darussalam.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Hamid Awaludin menjelaskan, percakapan kedua belah pihak sejauh ini sudah mengerucut kepada pengelolaan pemerintahan Aceh dalam wilayah Republik Indonesia. Namun, pihak GAM sempat menginginkan diikutsertakannya pengamat internasional dalam pemilihan itu. Pemerintah Indonesia mengatakan hal tersebut tidak menjadi masalah dan sudah berlaku dalam pemilihan-pemilihan yang telah dilakukan di Indonesia.

Perundingan akan dilanjutkan besok dengan agenda pembicaraan tentang amnesti. Seperti perundingan sebelumnya, pembicaraan mengenai amnesti juga masuk dalam kerangka sistem pemerintahan Indonesia untuk mencari titik temu dari kedua belah pihak. Secara keseluruhan, pihak GAM mengaku perundingan dengan pemerintah Indonesia kali ini sudah mengalami kemajuan [baca: Presiden SBY: Perundingan Helsinki Berkembang Positif ].(DNP/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.