Sukses

Melalui Karung Plastik PT Dasaplast Ingin Mendunia

PT Dasaplast Nusantara optimistis meraih kapasitas produksi karung plastik 45 sampai 50 juta lembar per tahun. PT Dasaplast adalah anak perusahaan kedua dari PT Perkebunan Nusantara X (Persero).

Liputan6.com, Jepara: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X (Persero) meresmikan operasional PT Dasaplast Nusantara (Dasaplast) yang memproduksi karung plastik. Pendirian anak perusahaan kedua ini adalah hasil program restrukturisasi di tubuh PTPN X (Persero) dengan menggandeng PT Surya Satria Sembada. Produksi perdana PT Dasaplast diwujudkan dengan mengekspor karung plastik ke Malaysia yang dilepas Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Sugiharto di Jepara, Jawa Tengah, pekan silam.

Pabrik PT Dasaplast berdiri di atas lahan bekas pabrik karung goni seluas 7,4 hektare di Pecangaan, Jepara. Peralatan berteknologi tinggi diharapkan menunjang kapasitas terpasang karung plastik sebanyak 45 sampai 50 juta lembar per tahun. Sementara waring atau jaring yang dijual di pasar lokal produksinya bisa mencapai 7,5 meter. "Nilai investasinya 90 miliar [rupiah]," kata Direktur Utama PTPN X Duduh Sadarachmat. Selain memenuhi kebutuhan lokal, PT Dasaplast tetap melakukan ekspor ke Malaysia, Cina dan Jepang.

Komposisi kepemilikan saham masing-masing 70:30 antara PTPN X dan PT Surya Satria Sembada. Namun, program restrukturisasi PTPN X tidak berdampak terhadap 240 karyawan. Menurut Direktur Keuangan sekaligus Ketua Tim Restrukturisasi PTPN X Himawan Kresnowarsojo, sesuai program kerja 2002-2006 unit usaha yang selama lima tahun terakhir merugi dibangkitkan kembali. "Contohnya pabrik karung ini," kata Himawan.

Menneg BUMN Sugiharto mengharapkan karung plastik produksi PT Dasaplast bisa dipasok untuk BUMN bidang pertanian. "Saat tepat untuk menggalakkan prinsip horizontal and vertical integration sampai ke masa depan," kata Sugiharto. Duduh juga optimistis PT Dasaplast mampu memenuhi kebutuhan karung untuk pasar lokal maupun internasional dengan berprinsip memegang hubungan harmonis dengan konsumen.(KEN/Tim Usaha Anda)

PT PERKEBUNAN NUSANTARA X (PERSERO)
Jalan Jembatan Merah 3-9. Surabaya 60175, Jawa Timur
Telepon : (031) 352-3143-352-3147
Faksimile : (031) 352-3167
Email: ptpn-x@indo.net.id

PT DASAPLAST NUSANTARA
Factory & Head Office:
Jalan Raya Pecangaan 3, Jepara 59462, Jawa Tengah
Telepon : (0291) 755-210
Faksimile : (0291) 755-205
Email : dasaplast@indo.net.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini