Sukses

Gunung Kilauea Mengalirkan Lava Pijar

Gunung Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat, kembali memuntahkan lava pijar ke Samudra Pasifik sejak awal pekan silam. Aliran lava tersebut mengundang perhatian wisatawan kendati cukup berbahaya.

Liputan6.com, Hawaii: Gunung berapi Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat, memuntahkan lava yang mengalir hingga ke Samudera Pasifik, Ahad (6/2). Aliran lava ini menjadi tontonan para wisatawan [baca: Lava Gunung Kilauea Sampai ke Samudra Pasifik].

Gunung Kilauea yang terletak di dalam Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii mengeluarkan lava pijar dari lubang kepundannya sejak awal pekan silam. Titik keluarnya aliran lava diketahui berasal dari dua tempat berbeda. Titik pertama berada sekitar 2,5 kilometer dari pos penjaga hutan dan yang satu lagi berada di dekat Kota Kalapan yang pernah terendam lava pada 1990.

Sebenarnya, aliran lava itu sangat berbahaya. Kendati begitu, para wisatawan yang berkunjung ke taman nasional malah mendekat dan mengaku takjub menyaksikan aliran lava pijar. Mereka bahkan memenuhi taman nasional untuk melihat aliran lava yang berakhir di Samudra Pasifik.

Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii dibangun pada 1916 dan melingkupi dua buah gunung berapi, yaitu Gunung Mauna Loa dengan ketinggian 4.169 meter di atas permukaan laut dan Kilauea. Gunung Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di dunia. Sementara Gunung Kilauea termasuk ke dalam daftar gunung berapi yang paling aktif sejak awal 1983.(YYT/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini