Sukses

SBY Berdialog dengan Petani Jonggol

Secara mendadak, Presiden Yudhoyono mengunjungi Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sana, Presiden memantau langsung lahan pertanian dan berdialog dengan petani setempat.

Liputan6.com, Bogor: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdialog dengan para petani di sekitar Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (6/2). Sebelum dialog digelar, Presiden sempat meninjau langsung lahan pertanian di daerah tersebut.

Para petani tentu saja tak melewatkan kesempatan tersebut. Mereka banyak melontarkan pertanyaan. Misalnya, harga dasar gabah yang masih saja diperlakukan secara semena-mena oleh para tengkulak. Menanggapi masalah itu, Presiden Yudhyono berjanji memberikan solusi.

Presiden pun berencana menjadikan sektor pertanian, perkebunan, dan industri sebagai ujung tombak mengatasi pengangguran yang mencapai sepuluh juta jiwa. "Saya akan diskusi dengan para menteri pertanian dan gubernur," kata SBY. Karena itulah, menurut Yudhoyono, pemerintah akan terus mengembangkan berbagai kemudahan untuk ketiga sektor tersebut.

Di kesempatan itu, Yudhoyono sekaligus menyampaikan tekad pemerintah memegang tiga komitmen perjanjian dengan pemerintah Malaysia dalam penanganan masalah tenaga kerja Indonesia. Ketiga komitmen itu kelak dijadikan dasar pembuatan perjanjian nota kesepahaman (MoU) tentang TKI [baca: SBY Berharap Penyelesaian TKI Bisa Menyeluruh].(AIS/Machmud dan Eko Purwanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.