Sukses

Ratusan Hektare Tanaman Bawang di Tegal Terendam

Ratusan hektare lahan sawah yang ditanami padi dan bawang merah di Kecamatan Dukuh Turi, Tegal, Jateng terendam banjir. Kerugian yang diderita para petani diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Liputan6.com, Tegal: Hujan yang mengguyur kawasan Kecamatan Dukuh Turi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dalam dua hari terakhir membuat Sungai Pamali meluap. Akibatnya ratusan hektare lahan tanaman padi dan bawang merah di sepanjang sungai terendam. Kerugian yang diderita para petani diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Demikian pemantauan SCTV, baru-baru ini.

Menurut sejumlah petani, tanaman yang terendam banjir umumnya baru memasuki masa tanam antara lima hingga sepuluh hari. Keadaan ini mengakibatkan para petani tak bisa melakukan panen dini dan membiarkan tanaman rusak atau membusuk. Mereka berharap, Pemerintah Kabupaten Tegal segera mengatasi persoalan ini dengan melakukan normalisasi sungai dan aliran irigasi.

Gagal panen karena banjir juga dirasakan para petani di Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Sekitar 10 ribu hektare areal sawah rusak karena terendam air setinggi tujuh meter. Akibatnya, ribuan petani di kawasan ini mengalami kerugian total mencapai kira-kira Rp 50 miliar [baca: Sawah Kebanjiran, Petani Lampung Merugi].(JUM/Sugihartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.