Sukses

Festival Tekstil Tradisional di Jakarta

Berbagai produk tekstil tradisional dari hampir seluruh wilayah Indonesia dipamerkan dalam Festival Tekstil Tradisional. Pameran juga menampilkan asesoris tradisional dan proses melukis batik.

Liputan6.com, Jakarta: Berbagai produk khas Indonesia dipamerkan dalam Festival Tekstil Tradisional 2005 di Jakarta, baru-baru ini. Berbagai tekstil dari hampir tiap daerah ditampilkan mulai dari bahan, proses pembuatan hingga motif kain. Selain tekstil tradisional, pameran yang berlangsung hingga 8 Februari mendatang ini juga menampilkan aneka asesoris tradisional serta proses melukis batik.

Indonesia memang terkenal dengan kain yang menggunakan bahan-bahan alami serta proses pembuatan yang mengandalkan keterampilan tangan. Tampil dalam pameran itu antara lain kain batik gentongan asal Madura, Jawa Timur. Pembuatan batik gentongan memakan waktu sekitar satu tahun. Ada juga perajin songket yang mempraktikkan cara membuat songket lengkap dengan penjelasan soal makna motif yang terkait dengan budaya setempat. "Misalnya motif kepala belalang pada tenun ikat sintang Dayak ini menggambarkan kebijaksanaan," kata Zainal, perajin songket.(TNA/Cindy Agustina dan Pris Simon)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.