Sukses

Daya Tahan Tubuh Kuat Mencegah Wabah DBD

Puncak wabah demam berdarah di Jakarta diperkirakan terjadi pada Maret mendatang. Untuk mencegah agar tak terjangkit masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta: Jumlah korban wabah demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta terus bertambah. Menghindari jumlah penderita penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, masyarakat dianjurkan meningkatkan kondisi tubuh mereka. Demikian dikatakan Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, Jakarta Pusat dokter Sutirto Basuki, baru-baru ini.

Menurut Sutirto, kondisi tubuh akan lebih kuat dengan mengkonsumsi vitamin C minimal 500 miligram per hari dengan memakan buah-buahan seperti jambu biji atau jeruk. Sutirto juga menganjurkan agar para warga menerapkan program 3M yakni menguras bak mandi, menutup penampungan air, dan mengubur barang bekas.

Lebih lanjut Sutirto mengatakan, diperlukan pengasapan untuk membunuh jentik-jentik nyamuk perantara wabah demam berdarah. Tak kalah pentingnya adalah agar masyarakat segera membawa orang yang diduga terkena demam berdarah ke dokter atau rumah sakit. Pasalnya, makin cepat diobati maka akan lebih mudah disembuhkan.

Pada tahun ini puncak wabah demam berdarah di Ibu Kota diperkirakan terjadi Maret mendatang atau sama seperti tahun silam. Lantaran itu, pihak RSUD Tarakan telah mempersiapkan fasilitas pendukung untuk mengantisipasi kasus demam berdarah ini [baca: Puncak DBD di Jakarta Diperkirakan Maret].(JUM/Dewi Puspita dan Hengki Rahman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini