Sukses

Jutaan Jemaah Salat Id di Masjidil Haram

Jutaan jemaah haji melaksanakan salat Idul Adha di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Ibadah melempar jumrah dilaksanakan dengan waktu berbeda-beda untuk mencegah terulangnya tragedi Mina pada tahun 1990.

Liputan6.com, Mekah: Jutaan jemaah haji dari penjuru dunia menunaikan salat Idul Adha di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (20/1). Salat dipimpin Imam Besar Masjidil Haram Abdurrahman bin Abdul Aziz as Sudais. Pelaksanaan salat Id ini dijaga ketat para petugas yang diturunkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Setelah salat Id, para jemaah memotong hewan kurban sebagai peringatan kepatuhan Nabi Ibrahim pada perintah Tuhan untuk mengorbankan putranya, Ismail. Sementara jemaah lainnya, bertolak menuju Mina untuk melaksanakan pelemparan jumrah yang dimulai siang ini hingga Sabtu mendatang.

Sebelum salat Id, sejumlah jemaah juga ada yang telah melakukan pelemparan jumrah sesuai fatwa Majelis Ulama Arab Saudi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terulangnya tragedi Mina yang telah menewaskan lebih dari 1.400 jemaah pada 1990 silam.(JUM/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.