Sukses

Inflasi Desember Sebesar 1,04 Persen

BPS hanya menggunakan laporan hingga minggu ketiga untuk menghitung inflasi bulan Desember. Bencana di Aceh-Sumut pada pekan terakhir belum menjadi faktor penentu perhitungan inflasi.

Liputan6.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) belum bisa memastikan efek psikologis dari bencana gempa dan Tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara. Karena itu, perhitungan inflasi bulan Desember sebesar 1,04 persen tidak termasuk di kedua provinsi yang dilanda bencana tersebut. Demikian dikatakan Kepala BPS Choiril Maksum di Jakarta, Senin (3/1).

Choiril menjelaskan, untuk menghitung inflasi bulan Desember pihaknya hanya menggunakan laporan hingga minggu ketiga. Karena itu, bencana di Aceh yang terjadi pada pekan terakhir belum menjadi faktor penentu perhitungan inflasi. Diperkirakan 1 Februari mendatang penghitungan besar inflasi bulan Desember sudah ada.

Menurut Choiril, isu kenaikan bahan bakar minyak (BBM) di awal 2005 bisa mempengaruhi tingkat inflasi. Bahkan, BPS memperkirakan tingkat inflasi lebih tinggi karena adanya efek psikologis. Berdasarkan Data BPS, kelompok yang memberikan andil inflasi tertinggi tahun 2004 adalah perumahan, air, listrik, gas, dan BBM.(DEN/Ifa Munaf dan Putu Setyawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.