Sukses

Digagalkan, Penyelundupan Gula Ilegal ke Dumai

Empat kapal pembawa ribuan ton gula ilegal asal Thailand ditangkap personel TNI Angkatan Laut ketika melintasi perairan di sekitar Dumai dan Bengkalis, Riau. Gula diangkut dari pelabuhan di Malaka, Malaysia.

Liputan6.com, Dumai: Anggota TNI Angkatan Laut di Kepulauan Riau menangkap empat kapal kayu berisi sekitar 1.000 ton gula ilegal asal Thailand, baru-baru ini. Keempat kapal kayu ini kepergok ketika melintasi perairan di sekitar Dumai dan Bengkalis.

Menurut pengakuan anak buah kapal (ABK), gula diangkut dari suatu pelabuhan di kawasan Malaka, Malaysia, dengan tujuan Kota Dumai. Kapal pertama yang dipergoki adalah Kapal Motor Golden Lestari yang mengangkut sekitar 250 ton gula. Berdasarkan keterangan ABK KM Golden Lestari, personel TNI AL kemudian menangkap tiga kapal lain yang berlayar beberapa jam kemudian. Ketiga kapal itu adalah KM Basilam Jaya, KM Victory, dan KM Surya Perkasa. Tiga kapal terakhir yang ditangkap juga memuat 250 ton gula ilegal. Dari hasil penyelidikan sementara, gula yang dimuat di empat kapal tersebut berasal dari sumber yang sama dengan pemilik yang sama.(DNP/Yusril Ardanis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.