Dongeng Keliling Warnai Ramadan di Banyumas

on

Liputan6.com, Banyumas: Mengisi waktu menunggu berbuka puasa, beberapa takmir atau pendongeng di Banyumas, Jawa Tengah, menggelar dongeng keliling dengan cerita islami untuk menghibur anak-anak. Kegiatan ini, adalah cara khas beberapa takmir masjid di daerah Banyumas. Para takmir berkeliling kampung untuk memenuhi undangan warga yang menginginkan anaknya mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.

Berdasarkan pemantauan SCTV baru-baru ini, untuk mengundang para pendongeng keliling menjelang Magrib, warga tidak dipungut biaya apa pun. Cukup dengan menyediakan sedikitnya 50 anak, dongeng yang bertemakan kisah nabi pun sudah dapat didengarkan.

Uniknya lagi, para pendongeng tidak memakai alat peraga. Mereka lebih mengandalkan ekspresi muka dan gerakan tubuh. Tidak hanya itu, pendogeng juga menggunakan mulut untuk menirukan berbagai tiruan bunyi, sehingga tercipta suasana jenaka yang menghidupkan cerita.

Selain kisah nabi dan rasul, dengan gaya bahasa yang mudah dipahami anak-anak, diselipkan juga contoh kegiatan sehari-hari yang bermanfaat. Para pendongeng sering mengingatkan anak-anak untuk menghormati orang tua, guru, dan juga bahaya bermain petasan. Kegiatan dongeng anak-anak ini, diakhiri dengan buka puasa bersama dengan bekal yang dibawa masing-masing.(JUM/Mardianto dan Heri Susanto)
Suka artikel ini?

0 Comments