Sukses

Produksi Boneka dari Bekasi Menembus Pasar Ekspor

Dengan modal Rp 30 juta, Sawil, Soleman, dan Gesti memproduksi boneka bentuk binatang sampai sosok manusia. Bisnis boneka mereka terus berjalan pesat hingga menembus pasar Asia.

Liputan6.com, Bekasi: Boneka tidak sekadar mainan lucu untuk anak-anak. Dengan ketekunan dan keseriusan, boneka bisa menjadi lumbung rupiah. Tengok saja usaha pembuatan boneka ala Sawil, Soleman, dan Gesti. Ketiga warga Jalan Raya Narogong, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat itu mampu menjual 200 sampai 400 buah boneka per hari. Omzet mereka pun menggiurkan, lebih dari Rp 30 juta per bulan.

Awalnya Gesti mengajak Sawil dan Soleman untuk membangun usaha mandiri. Dengan modal Rp 30 juta, mereka mulai memproduksi boneka, sejak dua tahun silam. Ruang bekerja tiga sekawan itu tidak besar, hanya sebuah rumah di Jalan Raya Narogong. Tahun demi tahun usaha Gesti maju pesat. Produksi boneka yang dijual sekitar Rp 1.500 sampai Rp 30 ribu per buah terus bertambah. Kini, Gesti mempunyai 10 buah mesin jahit dan 20 karyawan yang berasal dari warga Bantar Gebang.

Saat ini, produk boneka ala Gesti Cs bisa dijumpai di pusat perbelanjaan grosir Mangga Dua dan Toysmart. Selain itu, sejumlah outlet dibuka di Bekasi Trade Center. Untuk menambah angka pemasaran, mereka memakai sistem direct selling dalam beberapa event.

Bagi Gesti, kualitas paling utama. Bahan baku untuk membuat boneka dibeli di pasar lokal. Belakangan produksi mereka mulai diekspor. Alhasil, bahan baku juga impor dari Korea. Bahan impor juga digunakan untuk pesanan spesial. "Jadi untuk menarik pasar harus ada yang beda, karena mereka akan jadi pelanggan kita," kata Soleman.

Usaha Gesti dan kawan-kawan bukan tanpa kendala. Selain modal, persaingan di bisnis serupa semakin ketat. "Pertama, kita permodalan terbatas sekali. Karena kita UKM [usaha kecil menengah] dari segi persaingan cukup banyak," kata Sawil. Mereka juga membutuhkan rekanan untuk mempermudah distribusi. Bukan hanya itu. Dia juga mengeluhkan maraknya penjualan boneka asal Cina. "Itu juga sangat bisa membunuh usaha kita, karena mereka jual dengan harga yang murah sekali," ujar Sawil.

Dengan segala keterbatasan tersebut, Sawil mengaku tidak akan pernah patah semangat untuk tumbuh dan mengembangkan bisnisnya. Ia dan dua kawannya berharap bisa lebih mampu menembus pasar ekspor dengan kualitas dan inovasi karya yang meningkat.(YAN/Tim Usaha Anda)

Pengrajin Boneka
Sawil (0818-117044)
Jl. Raya Narogong KM. 12,5
Pangkalan IV Cikiwul, Bantar Gebang
Bekasi, Jawa Barat
Telepon: (021) 881-3435

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.