Sukses

Kemeriahan HUT RI di Berbagai Daerah

Di Bali, tepatnya di Pantai Tulamben, Karangasem, puluhan penyelam mengibarkan bendera berukuran dua kali tiga meter di dasar laut. Sementara di Aceh, ada perlombaan sepak bola digelar malam hari.

Liputan6.com, Karangasem: Perayaan Hari Ulang Tahun ke-59 RI diperingati di berbagai daerah dengan cara unik. Tengok saja pengibaran bendera di dasar laut yang dilakukan oleh 30 penyelam di Pantai Tulamben, Karangasem, Bali, Selasa (17/8).

Perjuangan para penyelam tak ubahnya seperti para pejuang masa silam. Kendati arus laut cukup kuat di sekitar lokasi pengibaran, kondisi ini tak menyurutkan niat para penyelam. Bendera merah putih berukuran 2 x 3 meter akhirnya berhasil dikibarkan pada salah satu bagian bangkai kapal kargo Amerika Serikat, Liberty.

Masih di Bali, tujuh belasan di Kuta tak hanya diikuti kaum pribumi. Para wisatawan asing juga turut serta memeriahkan perlombaan, di antaranya panjat pinang. Tak pelak saat mereka berusaha naik pohon pinang dan melorot ke bawah, ratusan penonton kontan tertawa.

Sementara di daerah konflik Nanggroe Aceh Darussalam, peringatan kemerdekaan dirayakan dengan cara perlombaan sepak bola di malam hari. Di dalam keadaan yang gelap gulita, para pemain hanya diterangi lampu senter. Pada awalnya, peserta kesulitan memainkan bola di tengah keremangan. Namun, semangat bertanding mereka mengalahkan kondisi tersebut.

Lain lagi di Jambi, perayaan Proklamasi Kemerdekaan RI diperingati dengan penyalaan seribu lilin di Taman Makam Pahlwan Jambi. Sedangkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, diisi dengan acara gerak jalan dan seminar budaya. Sementara di Papua, acara tujuh belasan diisi dengan lomba perahu hias yang diikuti oleh nelayan setempat. Para peserta mendekor perahu masing-masing dengan indah. Selain itu, diadakan atraksi joget atau tarian.

Perlombaan serupa dinikmati sebagian warga Ibu Kota. Contohnya di sepanjang Kalimalang, Jakarta Timur, saban tahun, pertandingan panjat pinang, lomba meniti di sebatang pohon pinang serta gebuk bantal digelar di atas aliran sungai yang menjadi bahan baku air bersih Jakarta itu [baca: Kalimalang Saat HUT Proklamasi](DNP/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.