Sukses

Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Presiden Megawati menjadi instruktur upacara peringatan detik-detik Proklamasi ke-59 RI. Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla memutuskan memperingati HUT Indonesia di rumah masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta: Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-59 berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8). Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan Presiden Megawati Sukarnoputri sebagai inspektur upacara.

Komandan Upacara Kolonel Marinir TNI Agkatan Laut Tori Subiyantoro memimpin upacara yang ditandai dengan 17 dentuman meriam. Naskah teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua MPR Amien Rais. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Said Agil al Munawar. Dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera sang saka Merah Putih.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla tak menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan ke-59 RI di Istana Merdeka. SBY--panggilan Yudhoyono--mengikuti upacara di sekitar kediamannya di Cikeas, Cibubur, Jakarta Timur. Menjelang detik detik Proklamasi Kemerdekaan, pukul 10.00 WIB, SBY memimpin warga setempat untuk mengheningkan cipta.

Perayaan kemerdekaan di Cikeas berlangsung meriah. Sejumlah lomba digelar dalam kesempatan itu. Di antaranya lomba tarik tambang dan balap karung. SBY juga mengikuti lomba tersebut. Sedangkan Jusuf Kalla merayakan HUT RI di Bogor, Jawa Barat [baca: SBY Merayakan HUT Indonesia di Rumah].

Sebagai mantan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan serta Menko Kesejahteraan Rakyat keduanya juga masuk diundang ke Istana Negara. Namun, undangan tidak sampai ke tangan mereka karena kesalahan pengiriman. Hal ini membuat, kandidat presiden dan capres yang akan bersaing dengan Megawati-Hasyim Muzadi pada pemilihan umum presiden putaran kedua tak mau memperingati HUT RI di Istana.

Ribuan undangan menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka. Mereka terdiri dari anggota TNI/Polri, 60 orang anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), peserta aubade atau kelompok paduan suara. Sedangkan sisanya adalah para undangan seperti beserta istri, termasuk Ketua DPR Akbar Tandjung dan istri, para Menteri Kabinet Gotong Royong, dan para duta besar negara sahabat.

Anggota Paskibraka asal Jawa Timur, Rizky Novita Indrayati, dipercaya sebagai pembawa bendera. Sementara pembentang bendera oleh Sangurah Wiratama dari DKI dan penggerek bendera oleh Zulfikar Jasman dari Sulawesi Selatan. Para anggota Paskibraka pada pengibaran bendera ini bagian dari 60 putra-putri pilihan yang berasal dari 30 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi diwakili oleh dua orang. Sedangkan provinsi yang tak mengikutsertakan perwakilannya adalah Kepulauan Riau dan Irian Jaya Barat.

Sementara upacara penurunan bendera akan dilaksanakan pada sekitar pukul 17.35 WIB di halaman Istana Merdeka. Presiden Megawati akan kembali bertindak selaku inspektur upacara. Kemudian, pada malam harinya sekitar pukul 20.00 WIB, di tempat yang sama akan diselenggarakan resepsi kenegaraan. Acara resepsi akan dilanjutkan dengan ramah tamah Presiden bersama anggota Paskibraka.

Terlepas dari itu, sejumlah ruas jalan menuju Istana Merdeka, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hari ini, ditutup mulai pukul 07.30 WIB sampai 11.30 WIB dan mulai pukul 16.00 sampai dengan 18.30 WIB. Penutupan jalan ini terkait dengan peringatan detik-detik Proklamasi ke-59 yang akan berlangsung pagi dan sore hari.(ORS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.